Sunday, 4 January 2009

The Last Lecture………..(pesan terakhir)



Randy Pausch seorang Profesor di bidang Ilmu Komputer Interaksi Manusia dan Bidang Desain, lahir tahun 1960, seorang ayah dari tiga anak dan suami dari istri yang sangat disayangi. Didiagnosa kanker ganas dengan kemungkinan hidup hanya tersisa 6 bulan sejak diagnosa. Dia menyampaikan “last lecture” pesan terakhir yang dihadiri ratusan pengunjung.
Buku ini mencuri perhatian saya di toko buku (saya selalu tertarik dengan buku para survivor….). Semangat hidupnya yang tinggi membuat Pausch hidup lebih lama daripada yang diperkirakan oleh dokter (Ia meninggal di usia 47, tanggal 25 Juli 2008).
Bila kita membaca buku tersebut (dan juga melihat videonya yang merupakan bonus dari buku tersebut) ada nilai-nilai yang disampaikan. Buku ini tidak menceritakan detik-detik atau saat seseorang menghadapi maut, justru menceritakan tentang kehidupan……..
Beberapa nilai yang dapat ditangkap (sebetulnya banyak sekali,tapi ini sebagian saja..). Saya coba uraikan dengan bahasa saya :
1. Kalau tidak ada lagi orang mengkritik kita atau memberi masukan, hati-hati artinya orang lain sudah menyerah dengan kelakuan kita (kalau bahasa anak sekarang orang sudah EGP sama kita). Hadapi dan terima kritik/masukan sebagai bagian dari proses untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan kita, artinya orang memberikan perhatian kepada kita……(so…masih ada orang yang gak mau dikritik???...I don’t thing so…..)
2. Kerja keras…always
3. Pengalaman justru akan kita dapat disaat kita “tidak menggapai harapan “ yang kita inginkan…..( think about it…)
4. Hambatan ibarat dinding tebal yang tiba-tiba menghadang dihadapan kita. Dinding tersebut bukan untuk menghentikan langkah kita, tetapi akan menunjukkan seberapa besar dedikasi kita mencapai tujuan
5. Bila berhadapan dengan orang lain, jangan cepat kesal atau marah karena ucapannya. Biarkan saja dulu (bersabar), biarkan sampai orang memiliki kesempatan untuk membangun kesan terhadap kita.(kesan yang baik tentunya…)
6. Jangan terpengaruh dengan cara bicara orang kepada kita untuk menyampaikan sesuatu dengan tujuan yang sama….( lihat isi pembicarannya….bukan cara menyampaikan nya)
7. Jangan pernah mengeluh bila menghadapi ujian apapun…(never complain ). Do not complain just work hard……………
8. Jangan pernah sombong, karena sombong akan membatasi ruang gerak pencapaian kita
9. Walaupun gagal beberpa kali atau menghadapi berbagai hal…..”jangan menyerah”….(never give up…!!)
10. Lakukan segala hal dengan sungguh-sungguh, jujur. Mohon maaf dengan tulus bila melakukan kesalahan, fokus lah kepada orang lain jangan kepada diri sendiri.
11. Belajar untuk mendengar dan menghargai orang lain
12. Jalani hidup dengan baik,maka impian kita akan terwujud…..Bukan mengejar impian dengan segala cara……
13. Bersabar lah walaupun membutuhkan waktu yang lama, pada akhirnya orang akan dapat melihat sisi baik kita…..
Masih banyak lagi, tapi sementara itu yang saya tangkap. Nanti saya sambung dengan beberapa nilai lain yang luar biasa……….
tips :
Sebaiknya baca bukunya dulu sampai selesai ,baru lihat VCD nya
Selamat membaca

2 comments:

Mamah Ani 5 January 2009 at 01:02  

heheheheh...nomor lima dan enam tuh yang saya masih harus belajar....suka reaktif kalau berhadapan sama orang yg ngeselin, yang somse alah meuni somse.....yang nggak berahlak, yang cara bicaranya suka jutek atau menyepelekan orang lain...ggggggrrrrrkkkkhhhh

Tamrin-Next CEO 5 January 2009 at 16:42  

Waw keren... jadi pengen liat pelmnya. tapi gak mau baca bukunya. hehehe ^_^

Shout Box

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Blog Design By:

Blog Design By:
CHOCO BERRY CHERRY

About Me

My photo
"When you look at your life, the greatest happiness is family happiness"

My Activities

syamsi
Ibuhamilcom

Followers

MIRACLE of LOVE

MOL2

Please find 'Miracle of Love' by Eko P. Pratomo - Syaamil in the bookstore in the beginning of January 2008. Harga Rp. 43.500,00

This book is dedicated to support Care for Lupus & Care for Low Vision activities at Syamsi Dhuha Foundation (SDF).

You could extend your caring by recommending this book to your friends... .

Light Up the World with the Ray of Our Heart.

Your Caring Saves Lives.

Back to TOP